Friday, July 14, 2006

Saya tidak tahu apa itu budaya tionghoa
Saya tidak tahu apa itu tionghoa
Saya lahir di tanah ini, itu yang saya tahu
Saya bisa melihat kedua orangtua saya, itu sudah cukup.
Orangtuaku tidak mampu menyekolahkan ku,
Orangtuaku lahir dalam kemelaratan.kami hidup di kota "malang" terbelakang.
Yang kutahu, aku harus mencari nafkah dalam sampah buangan sekedar membuat
dahaga ini hilang.

Apa itu agama tionghoa?
Apa itu norma2 tionghoa?
Apa itu G30S/PKI?
Apa itu SBKRI?
Apa itu PP10/1958?
Yang kutahu nasihat orangtua yang tidak akan pernah kulanggar.

Rambutku sekarang da memutih,
Kulitku berkerut kehitaman.
Aku sama dengan warna sawo matang.
Kebiasaanku adalah menulis.
Apapun yang kurasakan akan kuukir dalam bathin dan kugores kertas putih.

Serta merta gong berbunyi
'WNI yang masih tiga nama harus balik nama! atau berarti PKI'
'Ganyang cina! ... Ganyang cina!'
... seperti wayang orang dalam beraksi.Seperti guyon dalam srimulat.
Semuar siaran radio mengkumandangkan 'pengharaman cina dengan tiga nama'
Apa artinya ini semua?
Apa benar namaku tiga?
Aku pun tidak tahu.
Yang kutahu adalah cara berbakti terhadap orangtua ku dengan mempertahankan nama ini dari noda2 kebusukkan nafsu.

No comments: